link href='/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/> Alasan Timbul Rasa cemas dan minder ketika berada di keramaian | Sigap Sehat

Alasan Timbul Rasa cemas dan minder ketika berada di keramaian

Rasa cemas dan minder ketika berada di keramaian, bisa saja menunjukkan sebuah kondisi yang normal, dan bisa juga tidak normal, tergantung dari seberapa jauh rasa tidak nyaman itu membatasi interaksi sosial Anda.
tidak percaya diri dan merasa cemas
Merupakan hal yang wajar jika seseorang gugup berada didepan umum atau menjadi perhatian banyak orang, terlebih yang belum dikenalnya. Namun bukan merupakan hal yang wajar jika tanpa sebab, tanpa akar permasalahan yang jelas, tiba-tiba seseorang merasa takut untuk berada ditengah keramaian, bahkan hingga berkeringat, pusing, berdebar-debar, ingin pingsan dan semacamnya.
Ada banyak kondisi kelainan yang bisa menggambarkan keadaan ini, mulai dari fobia sosialagorafobia atau fobia terhadap tempat terbuka, kepribadian paranoid, gangguan kecemasan, dan lain sebagainya, yang untuk menentukannya, dibutuhkan bantuan dari ahli yakni psikiater.
Saran kami, jika memang menurut Anda apa yang Anda rasakan itu sudah sampai pada tahap bahwa ini sangat mengganggu kehidupan sosial Anda, sebaiknya Anda konsultasikan pada psikiater, agar bisa segera diberikan penanganan baik itu berupa hipnoterapi, desensitisasi, cognitive behavioral therapy atau psikoterapi lainnya.
Sementara itu, cara untuk melatih kepercayaan diri Anda selama dirumah adalah cobalah untuk berbicara didepan cermin, bicaralah dengan diri Anda sendiri seolah-olah diri Anda adalah orang lain, dan coba nasihati diri Anda sebagaimana Anda akan menasihati orang lain untuk tidak perlu malu, cemas dan minder didepan umum. Cobalah untuk abaikan segala potensi kesalahan atau kejadian memalukan yang bisa terjadi didepan umum, dan lakukan apa yang ingin Anda lakukan. Sekian, semoga menjawab pertanyaan Anda.
dr. Amadeo D. Basfiansa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alasan Timbul Rasa cemas dan minder ketika berada di keramaian"

Post a Comment